Monday, June 20, 2011

Contoh Alat-alat Ukur Fisika (Kunci Momen)

ALAT-ALAT UKUR

KUNCI MOMEN (TORGUE WRENCH)

I. Topik : Kunci Momen (Torgue Wrench)

II. Tujuan : Untuk mengetahui gaya puntir pada baut dan mur.

III. Kajian Teori :

Kunci momen (torgue wrench) digunakan untuk mengukur gaya punter pada baut dan mur agar mencapai momen kekencangan tertentu. Jenis kunci momen yang ada terdiri atas model deflecting beam (batang jarum), model dial indicator, dan model setting micrometer. Kunci momen model deflecting beam, menunjukkan besar ukuran momen kekencangan oleh sebuah batang penunjuk. Batang penunjuk akan bergerak dan menunjuk pada skala tertentu seiring dengan besarnya momen pengencangan yang dilakukan. Pada model lain, momen kekencangan yang diinginkan dapat diatur dengan cara menyetel ukuran kekencangan (setting micrometer) pada tangkai kunci momen. Kunci shock dengan ukuran tertentu mengencangkan baut atau mur.

Agar kunci momen dapat digunakan sesuai fungsinya, pada tahap awal pengerasan sebuah baut atau mur gunakanlah kunci biasa seperti kunci ring, pas atau shock. Kunci momen hanya dipakai pada pengerasan akhir serta mengetahui besarnya momen kekencangan yang diharapkan sesuai spesifikasi kekencangan baut atau mur. Contoh penggunaan kunci momen misalnya pada penyetelan baut kepala silinder dan baut-baut pada unit differensial (pada mobil). Penyetelan momen kekencangan baut/mur yang baik dilakukan secara bertahap sampai diperoleh momen kekencangan yang sesuai. Anonimus (online)

IV. Data Hasil Pengamatan

Batas maxksimum : 400

Batas minimum : 0

NST : 50

Ketidak pastian : 25.

Satuan : N/m

Pengukuran pada baut ban mobil didapat nilai utama 50, maka (50 ±25)N/m

V. Gambar Alat Ukur




Komponen dan prinsip kerja alat ukur :

Prinsip kerja :

Cara menggunakan kunci momen adalah kepala kunci momen ditahan agar kunci shock tetap pada posisi yang benar, yakni sejajar dengan lengan. Lalu sambil menarik gagang kunci momen searah jarum jam. Socket dapat dipasangkan pada kunci momen untuk disesuiakan dengan berbagai macam ukuran baut.

VI. Pembahasan :

Pada percobaan alat-alat ukur yang kami pilih kunci momen. Setiap kunci momen memiliki momen maksimum (maximum torque), yang merupakan batas tertinggi kekencangan yang dapat diukur oleh kunci momen. Agar penggunaannya sesuai dengan fungsinya dan supaya alat ini tetap awet, gunakan kunci momen dengan ukuran kekencangan di bawah batas maksimum momen kekencangannya. Untuk ukuran kekencangan baut atau mur yang lebih besar, maka dapat menggunakan kunci momen lain dengan momen maksimum lebih besar.

Dalam menggunakan kunci ini harus hati-hati, karena terdapat peringatan penting, yakni menggunakan kunci biasa untuk pengerasan awal. Lalu menggunakan kunci momen pada pengerasan akhir.

VII. Kesimpulan.

Kunci momen digunakan untuk mengukur gaya punter pada baut dan mur. Agar mencapai ketegangan tertentu. Soket dapat dipasang pada kunci momen untuk disesuaikan dengan berbagai macam ukuran baut dan sebagainya.

VIII. Daftar Pustaka :

Anonimus. 2010. Kunci Momen. Online. http://www.scribd.com/, akses hari selasa 14 Des 2010.

Scientists Only »
PENTING!!! Terima kasih atas kunjungannya, saya mengharapkan kritik dan sarannya melalui kotak komentar apabila game, program, dan segala software yang lain dan telah di upload di blog ini mengalami kerusakan atau file corupt, serta kekurangannya. jika ada yang akan direquest untuk info update harap berkomentar!!
http://einsteinfisika.blogspot.com/

Hehehehehehe . . . . .