Monday, June 20, 2011

Tugas – Tugas Perkembangan Remaja.

Tugas-tugas perkembangan merupakan tugas yang muncul pada periodesasi umur-umur tertentu dalam kehidupan individu manusia yang harus dilaksanakan atau dilewati apabila tidak, maka individu mengalami gangguan pada tugas periode selanjutnya.

Robert J. Havinghust (Hurlock, 1990) mengatakan bahwa tugas perkembangan adalah tugas yang muncul pada saat atau sekitar satu periode tertentu dari kehidupan individu dan jika berhasil akan menimbulkan fase bahagia dan membawa keberhasilan dalam melaksanakan tugas-tugas berikutnya. Sebaliknya jika gagal akan menimbulkan rasa tidak bahagia dan kesulitan dalam menghadapi tugas-tugas berikutnya. Tugas-tugas perkembangan berikut beberapa di antaranya muncul sebagai akibat kematangan fisik, sedangkan yang lain berkembang karena adanya aspirasi budaya, sementara yang lainnya tumbuh dan berkembang karena nilai-nilai dan aspirasi individu.

Tugas-tugas perkembangan individu mempunyai 3 macam tujuan yang sangat bermanfaat bagi individu dalam menyelesaikan tugas perkembangan, yaitu sebagai berikut :

1. Sebagai petunjuk bagi individu untuk mengetahui apa yang diharapkan masyarakat dari mereka pada usia-usia tertentu.

2. Memberikan motivasi kepada setiap individu untuk melakukan apa yang diharapkan oleh kelompok social pada usia tertentu sepanjang kehidupannya.

3. Menunjukkan kepada setiap individu tentang apa yang akan mereka hadapi dan tindakan apa yang diharapkan dari mereka jika nantinnya akan memasuki tingkat perkembangan berikutnya.

B. Jenis – Jenis Tugas Perkembangan Remaja.

Tugas perkembangan remaja pada garis besarnya adalah :

1. Mampu membina hubungan social secara sehat dengan interaksi, dengan adanya komunikasi.

Dengan adanya komunikasi maka hubungan social dapat tercipta dengan adanya interaksi satu dengan yang lainnya.

2. Mampu menerima peran social secara nyata dengan menerima jenis kelamin secara nyata. Arti disini adalah menerima kodratnya sebagai laki-laki maupun perempuan. Jika seseorang tidak menerima jenis kelamin secara nyata maka dapat dibantu melalui bimbingan konseling. Contoh seseorang yang tidak menerima jenis kelamin secara nyata seperti seorang laki-laki yang bertingkah laku seperti perempuan, dari cara berbicara, tindakan, dll. Dengan adanya bimbingan konseling, maka hal tersebut dapat dibantu dengan mengarahkan seseorang tersebut kejalan yang seharusnya dia sebagai kodratnya.

Dalam tugas-tugas perkembangan remaja bukan hanya itu saja, seperti menurut Havinghust (Harlock, 1990), ada sejumlah tugas perkembangan yang harus diselesaikan dengan baik oleh remaja, yaitu :

1. Mencapai hubungan baru yang lebih matang dengan teman sebaya baik pria maupun wanita.

2. Mencapai peran social pria dan wanita.

3. Menerima keadaan fisiknya dan menggunakannya secara efektif.

4. Mencari kemandirian emosional dari orang tua dan orang-orang dewasa lainnya.

5. Mencapai jaminan kebebasan ekonomi.

6. Memilih dan menyiapkan lapangan pekerjaan.

7. Persiapan memasuki kehidupan rumah tangga.

8. Mengembangkan ketrampilan intelektual dan konsep yang penting untuk kompetensi kewarganegaraan.

9. Mencapai dan mengharapkan tingkah laku social yang bertanggung jawab.

10. Memperoleh suatu himpunan nilai-nilai dan system etika sebagai pedoman tingkah laku.

Scientists Only »
PENTING!!! Terima kasih atas kunjungannya, saya mengharapkan kritik dan sarannya melalui kotak komentar apabila game, program, dan segala software yang lain dan telah di upload di blog ini mengalami kerusakan atau file corupt, serta kekurangannya. jika ada yang akan direquest untuk info update harap berkomentar!!
http://einsteinfisika.blogspot.com/

Hehehehehehe . . . . .