A. PENDAHULUAN.
MANUSIA DAN KEBUDAYAAN ADALAH DUA ASPEK YANG PADA
DASARNYA TIDAK DAPAT DIPISAHKAN. KARENA KETIKA KTTA
MEMPELAJARI MANUSIA BAIK DARI ASPEK BIOLOGIS, PSIKOLOGIS,
SOSIAL, MAUPUN LINGKUNGAN FISIKNYA, MAKA KITA AKAN
BERHADAPAN DENGAN MASALAH KEBUDAYAAN.
INTRUKSIONAL UMUM AKAN DIPELAJARI PANDANGAN TENTANG
HAKIKAT MANUSIA DAN DORONGAN UNTUK BERTINDAK, MANUSIA
DAN PERASAAN, MANUSIA DAN HIDUP BERKELOMPOK
INSTRUKSIONAL KHUSUS. SETELAH SELESAI MEMPELAJARI POKOK
BAHASAN INI. DIHARAPKAN MAHASISWA MAMPU MENJELASKAN
MENGENAI:
1. PENGERTIAN TENTANG HAKIKAT MANUSIA.
2. MANUSIA DAN DORONGAN UNTUK BERTINDAK.
3. MANUSIA DAN PERASAAN.
4. MANUSIA DAN KEHIDUPAN BERKELOMPOK.
B. HAKEKAT MANUSIA.
MANUSIA ADALAH MAKHLUK YANG BERIGLOMPOK DIBANDING
DENGAN MAKHLUKHIDUP LAINNYA, MANUSIA ADAH MAKHLUK
YANG PALING MULIA.
UNTUK MENGGABARKAN TENTANG HAL INI, AL-QUR'AN SURAT AL ISRAA AYAT 70 MENYEBUTKAN BAHWA:
“TUHAN MEMBERI MANUSIA KELEBIHAN DARI KEBANYAKAN
MAKIILUK DENGAN DENGAN KELEBIHAN YANG SEMPURNA”
1.
SEHUBUNGAN DENGAN HAL ITU MAKA KITA AKAN MEMBICARAKAN
APA YANG SEBENARNYA YANG DISEBUT DENGAN MANUSIA ITU DAN
APA KELEBIHAN-KELEBIHANNYA :
I. PANDANGAN TENTANG IIAKIKAT MANUSIA.
KATA MANUSIA SENDIRI SERINGKALI DIGUNAKAN DENGAN
PENGERTIAN YANG BERBEDA-BEDA. MISALNYA:
1. MANUSIA TIDAK LAIN DARI PADA BINATANG,
2, MANUSIA ADALAH HASIL DARI SEJARAH.
3, MANUSIA ADALAH MAKHLUK KEROHANIAN.
4. MANUSIA ADALAII YANG MENCOBA UNTUK
MEMPERTAHANKAN KEMANUSIAANNYA DI DALAM KRISIS
YANG TERJADI.
TIAP-TIAP PERADABAN MEMPUNYAI CARA MENJAWABNYA SENDIRI.
PADA MASYARAKAT TRADISIONAL JAWABAN DIBERIKAN DALAM
BENTUK “MITOS'' ATAU PEMIKIRAN PRIMITIF.
SEDANG PADA MASYARAKAT YANG LEBIH MAJU, JAWABAN
DIBARIKAN DALAM BENTUK *FILSAFAT" SEMENTARA BAGI UMAT
BERAGAMA MAKA JAWABAN DIBERIKAN DENGAN MERUJUK PADA
"WAHYU TUHAN'.
SEMENTARA ITU DARI SEGI ILMIAH, TERDAPAT Bf,BERAPA
PANDANGAN TENTANG HAKIKAT MANUSIA. DISINI AKAN
DIKEMUKAKAN PANDANGAN DARI :
1. ALIRAN MATERIALISME.
MENURUT PANDANGAN MATERILIASME, MATERI ATAU ZAT
MERUPAKAN SATU.SATUNYA KENYATAAN DAN SEMUA PERISTTWA
TERJADI KARENA PROSES MATERIAL INI.
2. ALIRAN IDEALISME.
PANDANGAN IDEALISME BERANGGAPAN BAHWA JTWA ADALAH
KENYATAAN YANG SEBENARNYA. MANUSIA DIPANDANG SEBAGAI
MAKHLUK KEJIWAAN (KEROHANIAN).
2.
BERIKUT INI TIGA GOLONGAN IDEALISME YAITU:
1). IDEALISME RASIONALISME, YANG BERPENDAPAT BAHWA
HAKIKAT MANUSIA TERLETEK PADA AKALNYA. MANUSIA ADALH
MAKHLUK BERPIKIR . PENDAPAT INI DIDUKUNG OLEH ARIS
TOTELES, DENGEN MOTTONYA “COGITO ERGO SUM" ARTINYA SAYA
BERPIKIR KARENA SAYA ADA.
2). IDEALISME ETIS, YANG DIMOTORI OLEH IMANUEL KANT,
DIA MENGAJARKAN BAHWA MANUSIA ITU TIDAK SEPENUHNYA SUCI,
TETAPI KEMANUSIAAN DI DALAM DIRINYA HARUS SUCI, KARENA
MERUPAKAN SUBJEK DARI HUKUM KESUSILAAN.
3). IDEALISME ESTETIS, YANG MENGANGGAP MANUSIA
MENJADIKAN HIDUPNYA SEBAGAI SUATU HASIL KARYA SENI.
3. PANDANGAN REALISME KLASIK.
PANDANGAN INI BERANGGAPAN BAHWA JIWA ADALAH
KENYATAAN YANG SEBENARNYA, YANG ADA DALAM DIRI
MANUSIA
4. PANDANGAN TEOLOGIS.
PANDANGAN TEOLOGIS MEMBEDAKAN MANUSIA DAN MAKHLUK
LAIN KARENA HUBUNGANNYA DENGAN TUHAN.
JAWABAN ATAS PERTANYAAN APAKAH MANUSIA ADALAH:
1). MANUSIA DICIPTAKAN OLEH TUHAN DAN DISUSUN ATAS
TUBUH DAN ROH, SEBAGAI MANA DALAM AT-QUR'AN SURAT NUH
AYAT 14,DAN 17, SURAT SAJADAH AYAT 7-9.
2). DARI SUDUT TUHAN, MANUSIA ADALAH MAKIILUK YANG
LEMAH, TERGANTUNG PADA TUHAN, BERSIFAT TIDAK KEKAL.
3.
II. MANUSIA DAN PENGETAHUAN.
OTAK MANUSIA BERKEMBANG SANGAT PESAT, INI
DISEBUT AKAL PIKIRAN.
MELALUI AKAL PIKIRAN INILAH MANUSIA MAMPU
MNMBENTUK GAGASAN-GAGASAN DAN KONSEP-KONSEP YANG
MAKIN LAMA MAKIN TAJAM, UNTUK MEMILIH ALTERNATIF
TINDAKAN YANG MENGUNTUNGKAN BAGIKELANGSUNGAN
HIDUP MANUSIA.
PENGETAHUAN MANUSIA TTU SENDIRI SANGAT KOMLEKS.
KEKOMPLEKAN PENGETAHUAN MANUSIA INILAH YANG MANJADIKAN
MANUSIA LEBIH UNGGUL DARI PADA MAKHLUK LAINNYA,
ADA BEBERAPA SIFAT DARI PENGETAIIUAN MANUSIA YANG
MEMPERLIHATKAN BAGAIMANA PESATNYA MANUSIA MENGELOLAH
PENGETAIIUANNYA, HAL YANG TIDAK DAPAT DILAKUKAN OLEH
MAKHLUK HIDUP LAINNYA, KARENA MANUSIA BERSIFAT :
1). MANUSIA BERSIFAT INDRAWI LAHIR.
MANUSIA MEMILIKI DAN MENGEMBANGKAN PENGETAHUNNYA
MELALUI PANCA INDRANYA. DIA MENGETAHUI RASA PAHIT, MANIS,
ASAM ATAU PEDAS MELALUI INRA PNNCECEPNYA (LIDAH).
2). MANUSIA BERSTT'AT INDRAWI BATIN.
MANUSIA MELALUI INGATANNYA DAN KHAYALANNYA MAMPU
MEMPUNYAI PENGETAHUAN TENTANG APA YANG TIDAK PERNAH
ADA, YANG PERNAH ADA, MAUPUN YANG TIDAK ADA LAGI.
MANUSIA MEMPUNYAI PENGETAHUAN TENTANGN TATA SUYA.
MAKHLUK LUAR ANGKASA. SURGA-NERAKA DAN ANAKNYA YANG
BERSEDIH.
3). MANUSIA BERSIFAT PERSEPTIF.
PENGETAHUAN MANUSIA JUGA DAPAT DITAMPILKN MELALUI
GERAKAN ATAU SUARA YANG SFATNYA SPONTAN, SEBAGAI BENTUK
ADAPTASI TERHADAP SITUASI YANG ADA DIHADAPANNYA.
4.
SEBAGAI CONTOII: JERITAN BILA KITA MELIHAT PEMAIN DUNIA
KESAYANGAN KITA MAMPU MEMASUKKAN BOLA KEGAWANG
LAWAN, ATAU GERAKAN TANGAN MENUTUP MUKA BILA TIM
KESAYANGAN KITA MENGALAMI KEKALAHAN.
4). MANUSTA BERSTFAT REFLEKSTF.
YAITU KETIKA MELALUI PENGETAHUANNYA DALAM
BENTUK YANG LAIN. BENTUK.BENTUK PENGUNGKAPAN
KEMBALI INI ANTARA LAIN IDE, KONSEP, DEFINISI, PUTUSAN,
LAMBANG, MITOS DAN KARYA SENI.
5). MANUSTA BERSTFAT DTSKURSTIF.
SIFAT INI MENUNJUKKAN BAWA MELALUI PENGETAIIUAN.
NYA MANUSIA MAMPU MENGETAHUI ASPEK-ASPEK BENDA.
6). MANUSIA BERSIFAT INDUKATIF.
YAITU KETIKA MELALUI PENGETAHUAN NYA MAMPU MENARIK
KESIMPULAN DARI YANG KHUSUS KE YANG UMUM. CONTOHNYA:
NELAYAN DI MUARA KARANG SULIT MNMPEROLEH IKAN KARENA
DOMISILI DARI KAPAL PENAGKAP IKAN BERSEKALA BESAR, MAKA
KESIMPULANNYA PENANGKAP IKAN BERSEKALA BESAR
MENYENGSARAKAN KEHII}UPAN NALAYAN KECIL.
7). MANUSIA BERSIFAT DEDUKTIF.
YAITU MELALUI PENGETAHUAN YANG DIMILIKINYA
MANUSIA MAMPU MENARIK KESIMPULAN DARI YANG UMUM
KE YANG KITUSUS, CONTOH: POHON BERNAFAS MELALUI
AKARNYA, KAKTUS KARENA TERMASUK JENIS POHON
POHON JUGA BERNAFAS DENGAN AKARNYA.
8). MANUSIA BERSIFAT SPEKULATIF.
YATTU MELALUI PENGETAHUANNYA MANUSIA MAMPU
MEMPERTIMBANGKAN BENDA DALAM BAYANGAN.
BAYANGAN IDE.IDE ATAU KONSEP-KONSEP TENTANG BENDA TERSEBUT.
5.
III. MANUSIA DAN DORONGAN UNTUK BERTINDAK.
KARENA SUDAH MERUPAKAN NALURI PADA SETIAP MANUSIA ITU,
OLEH BEBERAPA AIrLr PSTKOLOGI DTSEBUT "DORONGAN (DRIVE).
DORONGAN NALURI TERSEBUT ANTARA LAIN ADALAH :
1). DEORONGAN UNTUK MEMPERTAHANKAN HIDUP.
DORONGAN INI MEMANG MERUPAKAN SUATU KEKUATAN YANG JUGA
ADA PADA SEMUA MAKHLUK HIDUP DI DUNIA INI.
DAN YANG MENYEBABKABN SEMUSIA JENIS MAKLUKMAMPU
MEMPERTAHANKAN HDUPNYA DUNIA INI DAN YANG
MENYABABKAN SEMUA JENIS MAKHLUK MEMPU MEMPERTAHANKAN
HIDUPNYA.
2). DORONGAN SEX.
DORONGAN INI TIMBUL PADA SETIAP INDTVIDU YANG NORMAL
TANPA TERKENA PENGARUH PEGETAIIUAN DAN MEMANG
DORONGAN INI MEMPUNYAI LANDASAN BIOLOGI YANG MENDORONG
MANUSIA UNTUK MEMBENTUK KNTURUNAN DAN MELESTARIKAN
JENISNYA.
OLEH KARENA DORONGAN SEX MERUPAKAN DORONGAN
NALURIAH MAKA HAMPIR TIDAKMUNGKIN DAN BAHKAN TIDAK
MANUSIAWI, APABILA DITIADAKAN. TETAPIDORONGAN
INI HARUS DIATUR DAN DIKENDALIKAN. SALAH SATU BENTUK
PENGENDALIAN DAN PENGATURAN DORONGAN SEX
UMUMNYA ADA PADA MANUSIA ADALAH PERKAWINAN. TUJUAN
POKOK PERKAWINAN SELAIN REPRODUKSI, JUGA UNTUK
MENYALURKAN DORONGAN SEX.
3). DORONGAN UNUK MENCARI MAKAN.
DORONGAN INI TIDAK PERLU DIPELAJARI DAN SEJAK
BAYIPUNMANUSIA SUDAII MENUNJUKKAN DORONGSN UNTUK
MENCARI MAKAN YAITU DENGAN MENCARI SUSU IBUNJA ATAU
BOTOL SUSUNYA, TANPA DIPENGARUHI OLEE PENGETAHUAN YANG
ADA PADANYA.
6.
4). DORONGAN UNTUK BERTINDAK ATAU BERINTERKSI
DENGAN SESAMA MANUSIA. DORONGAN INI MERUPAKAN
LANDASAN BIOLOGI DARI KEHIDUPAN MASYARAKAT
MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK KOLEKTIF.
5). DORONGAN UNTUK MENIRU TINGKAH LAKU SESAMANYA.
DORONGAN INI MULAI TAMPAK PADA ANAK YANG MASIH BAYI. BAYI
MULAI DAPAT BERSUARA, AKAN MULAI BELAJAR UNTUK MENIRU
SUARA.SUARA DI SEKITARNYA. ANAK- ANAK. ANAK KECIL SELALU
BERUSAHA MENIRU PERILAKU ORANG YANG LEBIH DEWASA.
MASYARAKAT SEDERHANA AKAN MENIRU MASYARAKAT MAJU.
6), DORONGAN UNTUK BERBAKTI.
DORONGAN INI ADA DALAM NALURI MANUSIA, KARENA MANUSIA
MERUPAKAN MAKHLUK HIDUP SECARA KOLEKTIF. UNTUK DAPAT
HIDUP BERSAMA MANUSIA LAIN SECARA SERASI, MAKA MANUSIA
PERLU MENGEMBANGKAN RASA SIMPATI, KASIH SAYANG DAN
PENGORBANAN.
RASA SIMPATI, KASIH SAYANG MAUPUN PENGORBANAN
SELANJUTNYA AKAN MTINCUL KEHENDAK UNTUK BERBAKTI.
7\, DORONGAN AKAN KEINDAHAN.
DALAM ARTI KEINDAHAN BENTUK WARNA ATAU GERAIL SEORANG
BAYI DORONGAN INI SERING NAMPAK
PADAPADGEJALATERTARIKNYA PADA BENTUK.BENTUK TERTENTU
DARI BENDA.BENDA SEKITARNYA. MISALNYA PADA WARNA.WARNA
CERAHOPADA SUARA YANG NYARING BERIRAMA DAN PADA GERAK.
GERAK SELARAS.
IV. MANUSIA DAN PERASAAN.
MANUSIA TIDAK HANYA DIKARUNIAI NALURI SAJA, YANG
MENYEBABKANNYA MAMPU BERTAHAN DAN BERKEMBANG BIAIi
MANUSIA JUGA DIKARUNIAI DENGAN APA YANG DISEBUT PERASAAN
(KEMAMPUAN AFEKTIVITAS)
7.
DARI PERASAAN TIMBUL KEHENDAK, KEHENDAK INI SENDIRI DAPAT
BERSTFAT POSITIF ATAU NEGATIF.
1). KEHENDAK YANG BERSTFAT POSITIF MEMPUNYAI ARTI
KEHENDAK UNTUK MENDAPATKAN SUATU HAL YANG AKAN
MAMBARIKAN KENIKMATAN KEPADANYA.
2). KEIIENDAK YANG BERSIFAT NEGATIF, MEMPUNYAI
ARTI KEHENDAK UNTUK MENGHINDARI SUATU HAL YANG
DIRASAKAN SEBAGAI HAL YANG AKAN MEMBAWA PERASAAN
TIDAK NIKMAT.
V. MANUSIA DAN HIDUP BERKELOMPOK.
SEHUBUNGAN DENGAN MASALAH SURVWAL DALAM KAITANNYA
DENGAN KEHIDUPAN KELOMPOK TERDPAT DUA PAHAM YAITU
PAHAM EGOISTIS DAN PAHAM ALTUISTIS :
1. PAHAM EGOISTIS BERPENDAPAT BAHWA ASAS EGOISME ATAU
ASAS MEMENTINGKAN DIRI SENDIRI DIATAS KEPENTINGAN ORANG
LAIN MUTLAK PERLU BAGI JENIS-JENIS MAKHLUK UNTUK DAPAT
BERTAHAN DALAM ALAM YANG KEJAM.
2. PIHAM PAHAM ALTRUISTIS, BEBERAPA AHLI FILSAFAT
BERPENDAPAT BAHWA HIDUP BERBEKTI UNTUK KEPENTNGAN YANG
LAIN JUGA DAPAT MEMBUAT JENIS MAKHLUK LAIN MENJADI
SEMAKIN KUAT SEHINGGA DAPAT BERTAHAN DALAM PROSES
ALAM YANG KEJAM.
KEKUATAYANG DITIMBULKAN KEHIDUPAN BERSAMA INI NAMPAK
DARI KARAKTERISTIK KOLEKTIFITAS , DIMANA DI DALAMNYA
TERDAPAT:
1. PEMBAGIAN KERJA YANG TETAP ANTARA BERBAGAI MACAM SUB-
KESATUAN ATAU GOLONGAN INDIVIDU DALAM MELAKSANAKAN
BERBAGAI MACAM FUNGSI HIDUP.
8.
KETERGANTUNGAN INDIVIDU DENGAN INDTVIDU LAIN DALAM
KOLEKTIF SEBAGAI AKIBAT DARI PEMBAGIAN KERJA TERSEBUT.
2. KERJASAMA ANTAR INDIYIDU YANG DISEBABKAN SIFAT
KETERGANTUNGAN TERSEBUT.
3. KOMUNIKASI ANTAR INDTVIDU YANG DIPERLUKAN GUNA
MELAKSANAKAN KERJASAMA.
9.
Great post thankyouu
ReplyDelete