Wednesday, June 22, 2011

ILMU BUIDAYA DASAR. "RUANG LINGKUP PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN".

A. PENDAHULUAN

POKOK BAHASAN INI BERISI PENJELASAN MENGENAI PENGETAHUAN,

ILMU PENGETAHUAN DAN ILMU PENGETAHUAN DAN MANUSIA, YANG

DIBAGI DALAM TIGA KEGIATAN BELAJAR YAITU :

1. ILMU PENGETAHUAN DAN PERKEMBANGANNYA.

2. TOKOH.TOKOH PARKEMBANGAN I. PENGETAHUAN.

3. HUBUNGAN ILMU PENGETAHUAN DENGAN MANUSIA.

TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM, MEMBERIKAN PEMAHAMAN

KEPADA MAHASISWA MENGENAI APA YANG DIMAKSUD DENGAN

ILMU PENGETAHUAN DAN PERIGMBANGANNYA, TOKOH.TOKOH

PERIGMBANGAN ILMU PENGETAIIUAN DAN HUBUNGAN ILMU

PENGETAHUAN DENGAN MANUSIA.

TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS, SETELAH MEMPELAJARI POKOK

BAITASAN INI MAHASISWA DAPAT MENJELASKAN MENGENAI :

1. PENGERTIAN PENGETAHUAN.

2. CIRI.CIRI ILMU PENGETAHUAN DAN PERKEMBANGAN ILMU

PENGETAHUAN.

3. TOKOH.TOKOH ILMU PENGETAIIUAN.

4. TUJUAN DAN MANFAAT PNRKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN.

5. HUBUNGAN ILMU PENGETAHUAN DENGAN MANUSIA.

B. ILMU PENGETAHUAN DAN PERKEMBANGANNYA

KATA ILMU PENGETAHUAN BERASAL DARI KATA BAHASA INGGRIS

SCIENCE (ILMU) DAN KNOWLEDGE (PENGETAHUAN). KARJ,NA ITU

LAHIRLAH ISTILAH NATURAL SCIENCES YANG DITERJEMAHKAN

DALAM BAHASA INDONESIA MENJADI ILMU PENGETAHUAN ALAM.

1.

YANG KEMUDIAN DISANDINGKAN DENGAN ISTILAH SOCIAL SCIENCE

UNTUK ILMU PENGETAHUAN SOSIAL.

DENGAN DEMIKIAN MESKIPUN KEDUA KATA MU MEMPUNYAI ARTI

SECARA HARFIAH BERBEDA, NAMUN KEBANYAKAN KAUM

AKADEMISI DI INDONESIA UMUMNYA MENGARTIKAN SCIENCE

SEBAGAI ILMU PENGETAHUAN. SEDANG KNOWLEDGE DIGUNAKAN

UNTUK MENYEBUT PENGETAHUAN.

PENGETAHUAN (KNOWLEDGE) ADALAH SUATU WACANA YANG

BERHUBUNGAN DENGAN KONSEP TAHU. YAITU PEMAHAMAN

TERHADAP SESUATU YANG BERSIFAT UMUM DAN SPONTAN, TANPA

PERLU PENYELIDIKAN. KARENA ITU PENGETAHUAN TIDAK TERBUKA

TERHADAP BANTAHAN YANG BERDASARKAN PENGAMATAN ATAU

PEMBUKTIAN.

ILMU PENGETAHUAN ATAU SCIENCE ADALAH SUATU PROSES UNTUK

MENEMUKAN KEBENARAN DARI PENGETAHUAN. KARENA ITU ILMU

PENGETAHUAN HARUS MEMPUNYAI SIFAT ILMIAH, YAITU ILMU

PENGETAHUAN YANG DIPEROLEH SECARA METODIS. SISTIMATIS DAN

LOGIS SERTA DAPAT DIVERIFIKASI.

C. TOKOH.TOKOH PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN.

MESKIPUN I.P. BERI(EMBANG SEJAKADANYA UMAT MANUSIA,

TETAPI DALAM KENYATAANNYA PERKEMBANGAN I.P. PALING BAYAK

TERJADI SEJAK ZAMAN YUNANI (600 SM HINGGA 200 M).

TOKOH.TOKOH PERKEMBANGAN I.P. YAITU:

L ILMUAN YUNANI ANTARA LAIN :

1. THALES (624-548 SM) rA MUNCUL SEBAGAT TLMUAN TERTGNAL

KARENA KETIDAK PUASANNYA TERHADAP PRNGETAHUN

UMUM TENTANG ALAM DAN SEKITARNYA.

2. PYTHAGORAS (580-500 SM.) MERUMUSKAN DALIL-DALIL SEGI

TIGA SIKU-SIKU HUKUM PYTHAGORES BAHWA a + b = c. JUMLAH sUDUT 1Bo DERAJAT.

2.

3. SOCRATES (470-399), MENGEMUKAKAN KONSEP DIALEKTIKA

SEBAGAI METODE UNTUK MENCAPAI SEBUAH DEFINISI.

MELALUI PROSBS DIALEKTIK AKAN MELAHIRKAN THESIS,

ANTTTHESIS. SENTESIS

4. ARTSTOTELES (384-322 SM.) DENGAN PENTNGGALAN yANc POPULER

TERUTAMA DALAM BIDANG LOGIKA, BIOLOGI DAN METAFISIKA.

5. ARCHTMEDES (287-212 SM.) MENGAJUKAN HUKUM ARCEIMEDES

YANG MENYATAKAN BAHWA BENDA YANG TERAPUNG DI DALAM AIR

AKAN KEHILANGAN BERAT SESUAI DENGAN BERAT AIR YANG

DIDBSAK OLEH BENDA ITU.

II. TOKOII-TOKOH DARI KALANGAN ILMUAN MUSLIM A.L :

1. IBNU THATMTYAH (1263-1328 M.) AHLI POLTTIK DAN PEMIKIR

MUSLIM KAREANA IA MENENTANG BID'AH, TETAPI JUGA MEMBENCI

TAKLID. UMAT ISLAM HARUS MEMAHAMI HUKUM.HUKUM ALLAH

SWT, DAN HIDUP MENURUT HUKUM.HUKUM ALLAII SWT.

2. IBNU KHALDUN (1332-1406 M.) KARYANYA DrBrrlANG SOSTOLOGT

YANG BERJUDUL 6'MUQADDIMAII'. BANYAK DIKUTIP SARJANASARJANA

YANG LAHIR KEMUDIAN, BAIK KALANGAN MUSLIM

MAUPUN NON MUSLIM.

3. rBNU SrNA (980-1030 M.) SEJAK KECrL rA SUDAH MENGHAFAL AL

QUR'AN DAN MEMPELAJARI ILMU.ILMU AGAMA. IA KEMUDIAN

MEMPELAJARI JUGA MATEMARIKA, ASTRONOMI, FISIKA, LOGIKA

DAN KEDOKTERAN. IA MENULIS TIDAK KURANG DARI 2OO BUKU.

4. IBNU RUSYD (1126-1198 M.) IA SEORANG DOKTER, JUGA AHLr

HUKUM DAN FILSAFAT. BANYAI{ MENULIS BUKU.BUKU, BAIK DALAM

BIDANG KEDOKTERAN, HUKUM, MAUPUN FILSAFAT.

3.

III. PERKEMBANGAN I.P. AWAL ABAD 17 DIPELOPORI OLEH

TOKOH .TOKOH ANTARA LAIN :

1. COPERNICUS. IA MENYATAKAN BAHWA BUMI BUKAN MENJADI

PUSAT ALAM SEMESTA ( GEOSENTRIS) TETAPI HAMYA SEBAGAI

SALAH SATU DARI SEKIAN BAII-YANYAK PLANET YANG

MENGELILINGI SEBUAH BINTANG KECIL DIUJUNG GALAKSI

2. GALILEO, MENYATAKAN BAHWA ALAM HARUS DIBURU,

DIMASUKKAN KE DALAM KERANGKENG, AGAR DAPAT DIKUASAI

OLEH MANUSIA. DAN TUJUAN ILMUAN ADALH MENGAMBIL RAHASIA

ALAM SEMESTA SECARA PAKSA.

3. JOIIN LOEKEO MEMUSATKAN PERHATIANNYA PADA BIDANG

PSIKOLOGI, ETTKA, DAN TEORI POLITIKAL.

DALAM BIDANG PSIKOLOGI, JOHN LOEKE BERPBNDAPAT BAHWA

AWALNYA (KETIKA MANUSIA LAHIR KE DUNIA) MANUSIA SEPERTI

KERTAS YANG PUTIH BERSIH, DAN SELURUH ISINYA KEMT]DIAN

BERASAL DARI PENGALAMAN. DAPAT Bf,RUPA PENGALAMAN

BATINIAH DAN PENGALAMAN LAHIRIAH.

4. MONTESQUIEU, TERIGNAL DENGAN TEORI TRIAS POLITIKA.

YANG MEMBAGI KEKUASAAN MENJADI TIGA, YAITU

LEGESLATIF', EKSEKUTIF' DAN YUDIKATIF.

5. ROUSOU, TERKENAL DENGAN KARANGANNYA YANG BERJUDUL

"KONTRAK SOSIAL"

TEORI KONTRAK SOSIAL ITU MENJELASKAN BAHWA NEGARA

TERBENTUK BERDASARKAN SUATU "KONRAK SOSIAL, YAITU

PERSETUJUAN YANG DILAKUKAN OLEII INDTWDU.INDIWDU

UNTUKHIDUP BERSAMA.SAMA SECARA DAMAI DENGAN NEGARA

LEMBAGA YANG MENGATUR INDTVDU.INDIVIDU TERSEBUT.

IV. PERKEMBANGAN I.P. ABAD KE 17 DAN 18 DI EROPA.

BANYAK MELAHIRKAN ILMUAN.ILMUAN DALAM BIDANG EKSAK,

SEPERTI MATEMATIKA, FIFIKA, MAUPUN ASTRONOMI .

4.

1. AGUS COMTE (1798-18s7 M.)

DENGAN KARYANYA YANG TERIGNAL (COURS DE PHILISOPHIE

POSIITF'' COMTELAH YANG MENDUDUKKAN ILMU MASYARAKT

SEBAGAI ILMU BARU YANG BERNAMA (SOSIOLOGI'.

2. EMrLE DURr(HErM (18s8-1917 M.).

DIA MENGEMBANGKAN KONSEP SOSIOLOGI COMTE. DURKHEIM

MENYATAKAN BAHWA OBJf,K SOSIOLOGI ADALAH FAKTA SOSIAL

YANG IIARUS DITELITI SEPERTI ILMU ALAM.

3. KARL MARK (1895-1973 M.)

PENGEMBANGAN TE ORI DIALEKTIS.MATERIALISME. PROSE S

DIALEKTIS ANTARA PROLETARIAT DAN KAPTTALIS, YANG

MELAHIRKAN PERTENTANGAN KLAS DAN BERAKHIR MENUJU

MASYARAKAT TANPA KLAS.

D. H{IBUNGAN I.P. DENGAN MANUSIA.

KITA TIDAK DAPAT MENGHINDARI SUMBANGAN I.P. TERHADAP

MANUSIA.I.P. MEMANG TERCIPTA KARENA ADANYA KSPSRLUAN

MANUSIA UNTUKMENGATASI ALAM SEMESTA, DALAM RANGKA

MEMPWERTAHANKAN KEHIDUPAN MANUSIA.

KARENA ITU I.P. BERIffiMBANG SESUAI DENGAN KEPERLUAN

KEHII}UPAN MANUSIA. DALAM MEWNGELOLA SUMBER.SUMBER

ALA]VI YANG ADA DISEKITAR KEHIDUPAN MANUSIA.

KALAU DILIHAT KEBELAKANG, DALAM TEORI SOSIAL POLITIK

KLASNq KITA MENGENAL APA YANG DISEBUT "MASYARAKAT PRA

NEGARA' ATAU DAPAT DISEBUT "STATE OF NAT[]RE' (KEADAAN

ALAMIAH). MASYARAKAT DALAM STATE OF NATURE ADALAH

SEKUMPULAN MANUSIA YANG HIDUP DALAM KONDISI YANG

5.

ALAMIAH, YANG TII}AKADA NEGARA.

AGAR PERSELISIHAN YANG DIAKIBATKAN PERBENTIJRAN SUMBER

DAYA ALAM TERSEBUT DAPAT DIATASI, DIPERLUKAN ATURAN UNTUK

MENGATI]R KEHIDUPAN. DISAMPING ITU DIPERLUKAN JUGA IJMBAGA

YAI\G BERFT]NGSI MENJAGA DAN MENJALANKAN ATURAN .DENGAN.

I}ISITULAH KEMUDIAN MANUSIA MEMBUAT KONTRAK SOSIAL

TERHADAP PNMIMPIN MEREKA.MAKA MHLAI SEKARANG DISEBUT

MASYARAKAT NEGARA.

NEGARA AKAN STABIL JIKA UNDANG-UNDANG I\TYA BAIK DAN

KEKUASAAN DIJALANKAN DENGAN TIDAK SEWENANG-WENANG.

DENGAN SEGALA KEKUATAN DAN KEDAULATANNYA NEGARA

MUTLAK MEMILIKI KEWENANGAN,. TETAPI TIDAK DAPAT

MENJALANKAN KEKUASAANNYA SECARA SEWENANG-WENANG

MELAINKAN HARUS SELALU DALAM BATAS.BATAS HUKUM.

DENGAN DEMIKIAN KEMUTLAKAN KEWENANGAN ITU DIJALANKAN

AGAR NEGARA DAPT MEMAKSA WARGANYA UNTUK MENTAATI

HUKUM YANG BERLAKU.

DARI ILUSTRASI DT ATAS MENGGAMBARKAN BETAPA I.P. DAPAT

DIGUNAKAN UNTUK DIPERAKTEKKAN DALAM MENGALOLA NEGARA.

ILUSTRASI ITU JUGA MWNUNJUKKAN KEPADA KITA BAIIWA

KEBENARAN I.P. TIDAK MUTLAK. ETAPI PERLU VERIFIKASI.

BAIK HOBBES MAUPUN LOEKE, BERPJAK DARI KERANGKA YANG

SAMA, KONSENSUS STATE OF NATURE TETAPI DAPAT

MENGHASILKAN KESIMPULAN YANG BERBEDA.

PANDANGAN HOBBES BERPIHAK PADA KONSEP "NEGARA ABSOLUT'

SEDANG LOEKE PADA PAHAM NEGARA DNMOKRASI.

PANDANGAN TERHADAP LP. TELAH MEMBUKA MATA BANGSA

INDONESIA TENTANG ARTI KEMERI}EKAAN. SEJAI( ITULAH MT]NCI]L

ORGANTSASI. ORGANISASI YANG MEMPERJUANGKAN KEMERDEKAAN

B.t BAIKBERGERAKMELALUI JALAN KOOPNRATF MAUPUN NON

6.

KOOPERATIF.

KETIKA KEMUDIAN B.I. BERHASIL MEMPERJUANGKAN

KEMERDEKAAN YANG DIPROKLAMIRKAN PADA TANGGAL 17

AGUSTUS 1945, PEMERINTAH INDONESIA MENGHAI}API MASALH

BESAR UNTUK MEMBANGUN BANGSANYA, YAITU RBNDAHNYA

PENGGUNAAN TEREADAP ILMU PENGETAHUAN.

SEBAGIAN BESAR B.I. MASIH BUTA AKSARA, SEHINGGA UNTUK

MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN AGAR RAKYAT DAPAT BACA TULIS

SAMPAI PBNGUASAAN TERHADAP I.P. MEMERLUKAN WAKTU YANG

CUKUP LAMA.

SETELAH INDONE SIA MERDEKA PEMERINTAH INDONESIA

MENGEMBANGKAN PROGRAM.PROGRAM PEMBANGUNAN. SALAH

SATU PROGRAM PEMBANGUNAN YANG PENTING ADALAH

PEMBANGUNAN DIBIDANG PENDIDIKAN.

BANYAK ORANG INDONESIA YANG MENGUASAI I.P. DALAM BIDANG

PERTANTAN,TEKNOLOGI,EKONOMI DAN ILMU-ILMU SOSIAL.

No comments:

Post a Comment

Scientists Only »
PENTING!!! Terima kasih atas kunjungannya, saya mengharapkan kritik dan sarannya melalui kotak komentar apabila game, program, dan segala software yang lain dan telah di upload di blog ini mengalami kerusakan atau file corupt, serta kekurangannya. jika ada yang akan direquest untuk info update harap berkomentar!!
http://einsteinfisika.blogspot.com/