A. PENDAHULUAN
POKOK BAHASAN INI BERISI PENJELASAN MENGENAI PENGETAHUAN,
ILMU PENGETAHUAN DAN ILMU PENGETAHUAN DAN MANUSIA, YANG
DIBAGI DALAM TIGA KEGIATAN BELAJAR YAITU :
1. ILMU PENGETAHUAN DAN PERKEMBANGANNYA.
2. TOKOH.TOKOH PARKEMBANGAN I. PENGETAHUAN.
3. HUBUNGAN ILMU PENGETAHUAN DENGAN MANUSIA.
TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM, MEMBERIKAN PEMAHAMAN
KEPADA MAHASISWA MENGENAI APA YANG DIMAKSUD DENGAN
ILMU PENGETAHUAN DAN PERIGMBANGANNYA, TOKOH.TOKOH
PERIGMBANGAN ILMU PENGETAIIUAN DAN HUBUNGAN ILMU
PENGETAHUAN DENGAN MANUSIA.
TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS, SETELAH MEMPELAJARI POKOK
BAITASAN INI MAHASISWA DAPAT MENJELASKAN MENGENAI :
1. PENGERTIAN PENGETAHUAN.
2. CIRI.CIRI ILMU PENGETAHUAN DAN PERKEMBANGAN ILMU
PENGETAHUAN.
3. TOKOH.TOKOH ILMU PENGETAIIUAN.
4. TUJUAN DAN MANFAAT PNRKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN.
5. HUBUNGAN ILMU PENGETAHUAN DENGAN MANUSIA.
B. ILMU PENGETAHUAN DAN PERKEMBANGANNYA
KATA ILMU PENGETAHUAN BERASAL DARI KATA BAHASA INGGRIS
SCIENCE (ILMU) DAN KNOWLEDGE (PENGETAHUAN). KARJ,NA ITU
LAHIRLAH ISTILAH NATURAL SCIENCES YANG DITERJEMAHKAN
DALAM BAHASA INDONESIA MENJADI ILMU PENGETAHUAN ALAM.
1.
YANG KEMUDIAN DISANDINGKAN DENGAN ISTILAH SOCIAL SCIENCE
UNTUK ILMU PENGETAHUAN SOSIAL.
DENGAN DEMIKIAN MESKIPUN KEDUA KATA MU MEMPUNYAI ARTI
SECARA HARFIAH BERBEDA, NAMUN KEBANYAKAN KAUM
AKADEMISI DI INDONESIA UMUMNYA MENGARTIKAN SCIENCE
SEBAGAI ILMU PENGETAHUAN. SEDANG KNOWLEDGE DIGUNAKAN
UNTUK MENYEBUT PENGETAHUAN.
PENGETAHUAN (KNOWLEDGE) ADALAH SUATU WACANA YANG
BERHUBUNGAN DENGAN KONSEP TAHU. YAITU PEMAHAMAN
TERHADAP SESUATU YANG BERSIFAT UMUM DAN SPONTAN, TANPA
PERLU PENYELIDIKAN. KARENA ITU PENGETAHUAN TIDAK TERBUKA
TERHADAP BANTAHAN YANG BERDASARKAN PENGAMATAN ATAU
PEMBUKTIAN.
ILMU PENGETAHUAN ATAU SCIENCE ADALAH SUATU PROSES UNTUK
MENEMUKAN KEBENARAN DARI PENGETAHUAN. KARENA ITU ILMU
PENGETAHUAN HARUS MEMPUNYAI SIFAT ILMIAH, YAITU ILMU
PENGETAHUAN YANG DIPEROLEH SECARA METODIS. SISTIMATIS DAN
LOGIS SERTA DAPAT DIVERIFIKASI.
C. TOKOH.TOKOH PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN.
MESKIPUN I.P. BERI(EMBANG SEJAKADANYA UMAT MANUSIA,
TETAPI DALAM KENYATAANNYA PERKEMBANGAN I.P. PALING BAYAK
TERJADI SEJAK ZAMAN YUNANI (600 SM HINGGA 200 M).
TOKOH.TOKOH PERKEMBANGAN I.P. YAITU:
L ILMUAN YUNANI ANTARA LAIN :
1. THALES (624-548 SM) rA MUNCUL SEBAGAT TLMUAN TERTGNAL
KARENA KETIDAK PUASANNYA TERHADAP PRNGETAHUN
UMUM TENTANG ALAM DAN SEKITARNYA.
2. PYTHAGORAS (580-500 SM.) MERUMUSKAN DALIL-DALIL SEGI
TIGA SIKU-SIKU HUKUM PYTHAGORES BAHWA a + b = c. JUMLAH sUDUT 1Bo DERAJAT.
2.
3. SOCRATES (470-399), MENGEMUKAKAN KONSEP DIALEKTIKA
SEBAGAI METODE UNTUK MENCAPAI SEBUAH DEFINISI.
MELALUI PROSBS DIALEKTIK AKAN MELAHIRKAN THESIS,
ANTTTHESIS. SENTESIS
4. ARTSTOTELES (384-322 SM.) DENGAN PENTNGGALAN yANc POPULER
TERUTAMA DALAM BIDANG LOGIKA, BIOLOGI DAN METAFISIKA.
5. ARCHTMEDES (287-212 SM.) MENGAJUKAN HUKUM ARCEIMEDES
YANG MENYATAKAN BAHWA BENDA YANG TERAPUNG DI DALAM AIR
AKAN KEHILANGAN BERAT SESUAI DENGAN BERAT AIR YANG
DIDBSAK OLEH BENDA ITU.
II. TOKOII-TOKOH DARI KALANGAN ILMUAN MUSLIM A.L :
1. IBNU THATMTYAH (1263-1328 M.) AHLI POLTTIK DAN PEMIKIR
MUSLIM KAREANA IA MENENTANG BID'AH, TETAPI JUGA MEMBENCI
TAKLID. UMAT ISLAM HARUS MEMAHAMI HUKUM.HUKUM ALLAH
SWT, DAN HIDUP MENURUT HUKUM.HUKUM ALLAII SWT.
2. IBNU KHALDUN (1332-1406 M.) KARYANYA DrBrrlANG SOSTOLOGT
YANG BERJUDUL 6'MUQADDIMAII'. BANYAK DIKUTIP SARJANASARJANA
YANG LAHIR KEMUDIAN, BAIK KALANGAN MUSLIM
MAUPUN NON MUSLIM.
3. rBNU SrNA (980-1030 M.) SEJAK KECrL rA SUDAH MENGHAFAL AL
QUR'AN DAN MEMPELAJARI ILMU.ILMU AGAMA. IA KEMUDIAN
MEMPELAJARI JUGA MATEMARIKA, ASTRONOMI, FISIKA, LOGIKA
DAN KEDOKTERAN. IA MENULIS TIDAK KURANG DARI 2OO BUKU.
4. IBNU RUSYD (1126-1198 M.) IA SEORANG DOKTER, JUGA AHLr
HUKUM DAN FILSAFAT. BANYAI{ MENULIS BUKU.BUKU, BAIK DALAM
BIDANG KEDOKTERAN, HUKUM, MAUPUN FILSAFAT.
3.
III. PERKEMBANGAN I.P. AWAL ABAD 17 DIPELOPORI OLEH
TOKOH .TOKOH ANTARA LAIN :
1. COPERNICUS. IA MENYATAKAN BAHWA BUMI BUKAN MENJADI
PUSAT ALAM SEMESTA ( GEOSENTRIS) TETAPI HAMYA SEBAGAI
SALAH SATU DARI SEKIAN BAII-YANYAK PLANET YANG
MENGELILINGI SEBUAH BINTANG KECIL DIUJUNG GALAKSI
2. GALILEO, MENYATAKAN BAHWA ALAM HARUS DIBURU,
DIMASUKKAN KE DALAM KERANGKENG, AGAR DAPAT DIKUASAI
OLEH MANUSIA. DAN TUJUAN ILMUAN ADALH MENGAMBIL RAHASIA
ALAM SEMESTA SECARA PAKSA.
3. JOIIN LOEKEO MEMUSATKAN PERHATIANNYA PADA BIDANG
PSIKOLOGI, ETTKA, DAN TEORI POLITIKAL.
DALAM BIDANG PSIKOLOGI, JOHN LOEKE BERPBNDAPAT BAHWA
AWALNYA (KETIKA MANUSIA LAHIR KE DUNIA) MANUSIA SEPERTI
KERTAS YANG PUTIH BERSIH, DAN SELURUH ISINYA KEMT]DIAN
BERASAL DARI PENGALAMAN. DAPAT Bf,RUPA PENGALAMAN
BATINIAH DAN PENGALAMAN LAHIRIAH.
4. MONTESQUIEU, TERIGNAL DENGAN TEORI TRIAS POLITIKA.
YANG MEMBAGI KEKUASAAN MENJADI TIGA, YAITU
LEGESLATIF', EKSEKUTIF' DAN YUDIKATIF.
5. ROUSOU, TERKENAL DENGAN KARANGANNYA YANG BERJUDUL
"KONTRAK SOSIAL"
TEORI KONTRAK SOSIAL ITU MENJELASKAN BAHWA NEGARA
TERBENTUK BERDASARKAN SUATU "KONRAK SOSIAL, YAITU
PERSETUJUAN YANG DILAKUKAN OLEII INDTWDU.INDIWDU
UNTUKHIDUP BERSAMA.SAMA SECARA DAMAI DENGAN NEGARA
LEMBAGA YANG MENGATUR INDTVDU.INDIVIDU TERSEBUT.
IV. PERKEMBANGAN I.P. ABAD KE 17 DAN 18 DI EROPA.
BANYAK MELAHIRKAN ILMUAN.ILMUAN DALAM BIDANG EKSAK,
SEPERTI MATEMATIKA, FIFIKA, MAUPUN ASTRONOMI .
4.
1. AGUS COMTE (1798-18s7 M.)
DENGAN KARYANYA YANG TERIGNAL (COURS DE PHILISOPHIE
POSIITF'' COMTELAH YANG MENDUDUKKAN ILMU MASYARAKT
SEBAGAI ILMU BARU YANG BERNAMA (SOSIOLOGI'.
2. EMrLE DURr(HErM (18s8-1917 M.).
DIA MENGEMBANGKAN KONSEP SOSIOLOGI COMTE. DURKHEIM
MENYATAKAN BAHWA OBJf,K SOSIOLOGI ADALAH FAKTA SOSIAL
YANG IIARUS DITELITI SEPERTI ILMU ALAM.
3. KARL MARK (1895-1973 M.)
PENGEMBANGAN TE ORI DIALEKTIS.MATERIALISME. PROSE S
DIALEKTIS ANTARA PROLETARIAT DAN KAPTTALIS, YANG
MELAHIRKAN PERTENTANGAN KLAS DAN BERAKHIR MENUJU
MASYARAKAT TANPA KLAS.
D. H{IBUNGAN I.P. DENGAN MANUSIA.
KITA TIDAK DAPAT MENGHINDARI SUMBANGAN I.P. TERHADAP
MANUSIA.I.P. MEMANG TERCIPTA KARENA ADANYA KSPSRLUAN
MANUSIA UNTUKMENGATASI ALAM SEMESTA, DALAM RANGKA
MEMPWERTAHANKAN KEHIDUPAN MANUSIA.
KARENA ITU I.P. BERIffiMBANG SESUAI DENGAN KEPERLUAN
KEHII}UPAN MANUSIA. DALAM MEWNGELOLA SUMBER.SUMBER
ALA]VI YANG ADA DISEKITAR KEHIDUPAN MANUSIA.
KALAU DILIHAT KEBELAKANG, DALAM TEORI SOSIAL POLITIK
KLASNq KITA MENGENAL APA YANG DISEBUT "MASYARAKAT PRA
NEGARA' ATAU DAPAT DISEBUT "STATE OF NAT[]RE' (KEADAAN
ALAMIAH). MASYARAKAT DALAM STATE OF NATURE ADALAH
SEKUMPULAN MANUSIA YANG HIDUP DALAM KONDISI YANG
5.
ALAMIAH, YANG TII}AKADA NEGARA.
AGAR PERSELISIHAN YANG DIAKIBATKAN PERBENTIJRAN SUMBER
DAYA ALAM TERSEBUT DAPAT DIATASI, DIPERLUKAN ATURAN UNTUK
MENGATI]R KEHIDUPAN. DISAMPING ITU DIPERLUKAN JUGA IJMBAGA
YAI\G BERFT]NGSI MENJAGA DAN MENJALANKAN ATURAN .DENGAN.
I}ISITULAH KEMUDIAN MANUSIA MEMBUAT KONTRAK SOSIAL
TERHADAP PNMIMPIN MEREKA.MAKA MHLAI SEKARANG DISEBUT
MASYARAKAT NEGARA.
NEGARA AKAN STABIL JIKA UNDANG-UNDANG I\TYA BAIK DAN
KEKUASAAN DIJALANKAN DENGAN TIDAK SEWENANG-WENANG.
DENGAN SEGALA KEKUATAN DAN KEDAULATANNYA NEGARA
MUTLAK MEMILIKI KEWENANGAN,. TETAPI TIDAK DAPAT
MENJALANKAN KEKUASAANNYA SECARA SEWENANG-WENANG
MELAINKAN HARUS SELALU DALAM BATAS.BATAS HUKUM.
DENGAN DEMIKIAN KEMUTLAKAN KEWENANGAN ITU DIJALANKAN
AGAR NEGARA DAPT MEMAKSA WARGANYA UNTUK MENTAATI
HUKUM YANG BERLAKU.
DARI ILUSTRASI DT ATAS MENGGAMBARKAN BETAPA I.P. DAPAT
DIGUNAKAN UNTUK DIPERAKTEKKAN DALAM MENGALOLA NEGARA.
ILUSTRASI ITU JUGA MWNUNJUKKAN KEPADA KITA BAIIWA
KEBENARAN I.P. TIDAK MUTLAK. ETAPI PERLU VERIFIKASI.
BAIK HOBBES MAUPUN LOEKE, BERPJAK DARI KERANGKA YANG
SAMA, KONSENSUS STATE OF NATURE TETAPI DAPAT
MENGHASILKAN KESIMPULAN YANG BERBEDA.
PANDANGAN HOBBES BERPIHAK PADA KONSEP "NEGARA ABSOLUT'
SEDANG LOEKE PADA PAHAM NEGARA DNMOKRASI.
PANDANGAN TERHADAP LP. TELAH MEMBUKA MATA BANGSA
INDONESIA TENTANG ARTI KEMERI}EKAAN. SEJAI( ITULAH MT]NCI]L
ORGANTSASI. ORGANISASI YANG MEMPERJUANGKAN KEMERDEKAAN
B.t BAIKBERGERAKMELALUI JALAN KOOPNRATF MAUPUN NON
6.
KOOPERATIF.
KETIKA KEMUDIAN B.I. BERHASIL MEMPERJUANGKAN
KEMERDEKAAN YANG DIPROKLAMIRKAN PADA TANGGAL 17
AGUSTUS 1945, PEMERINTAH INDONESIA MENGHAI}API MASALH
BESAR UNTUK MEMBANGUN BANGSANYA, YAITU RBNDAHNYA
PENGGUNAAN TEREADAP ILMU PENGETAHUAN.
SEBAGIAN BESAR B.I. MASIH BUTA AKSARA, SEHINGGA UNTUK
MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN AGAR RAKYAT DAPAT BACA TULIS
SAMPAI PBNGUASAAN TERHADAP I.P. MEMERLUKAN WAKTU YANG
CUKUP LAMA.
SETELAH INDONE SIA MERDEKA PEMERINTAH INDONESIA
MENGEMBANGKAN PROGRAM.PROGRAM PEMBANGUNAN. SALAH
SATU PROGRAM PEMBANGUNAN YANG PENTING ADALAH
PEMBANGUNAN DIBIDANG PENDIDIKAN.
BANYAK ORANG INDONESIA YANG MENGUASAI I.P. DALAM BIDANG
PERTANTAN,TEKNOLOGI,EKONOMI DAN ILMU-ILMU SOSIAL.
No comments:
Post a Comment