Wednesday, June 22, 2011

ILMU BUDAYA DASAR "RUANG LINGKUP KAJIAN IBD".

A. PENDAHULUAN

MANUSIA SECARA ALAMIAH MEMPUNYAI RASA INGIN TAHU TERHADAP HAL YANG ADA DISEKITARNYA.

SETIAP MENEMUKAN SESUATU DIHADAPAN KITA, KITA AKAN SELALU MEMPEROLEH KESAN YANG MUNCUL DARI DUNIA LUAR.

KESAN-KESAN TERSEBUT KEMUDIAN TERSIMPAN DALAM INGATAN KITA, YANG SECARA KUMULATIF BERKEMBANG MENJADI PENGETAHUAN.

PENGETAHUAN TERSEBUT BERSIFAT INDRAWI DAN KONKRET. KARENA SECARA LANGSUNG MERUPAKAN HASIL PERJUMPAAN ANTARA MANUSIA DAN DUNIANYA.

PENGETAHUAN INDRAWI YANG DISALURKAN MELALUI INGATAN INDRAWI ITU MERANGSANG PERTUMBUHAN AKAL BUDI.

UNSUR-UNSUR KONKRET DARI PENGETAHUAN INDRAWI ITU DIOLAH SEDEMIKIAN RUPA SEHINGGA MUNCULAH PENGETAHUAN ABSTRAK, YANG MERUPAKAN CIRI KHAS PENGETAHUAN AKAL BUDI.

INSTRUKSIONAL UMUM DARI P.B. INI ADALAH MEMBERIKAN PEMAHAMAN KEPADA MAHASISWA MENGENAI APA ITU ILMU ALAMIAH DAN HUBUNGANNYA DENGAN IBD DAN ISD.

INSTRUKSIONAL KHUSUS YAITU AGAR SETELAH MEMPELAJARI P.B INI MAHASISWA DAPAT MENJELASKAN TENTANG :

1. PENGELOMPOKKAN ILMU PENGETAHUAN.

2. PENGGOLONGAN ILMU PENGETAHUAN.

3. RUANG LINGKUP KAJIAN IBD, ISD, DAN IAD.

B. PENGELOMPOKKAN ILMU PENGETAHUAN

ILMU PENGETAHUAN DARI CARA PEMBENARAN KESIMPULANYA DAPAT DIKELOMPOKKAN MENJADI DUA YAITU :

1. I.P.APOSTERIORI, YANG MENGHASILKAN KESIMPULAN SESUDAH PENGAMATAN INDRAWI. ILMU PENGETAHUAN APOSTRIORI DISEBUT JUGA ILMU PENGETAHUAN EMPIRIS.

2. I.P. APRIORI, KESIMPULAN SUDAH ADA SEBELUM MELAKUKAN PENGAMATAN INDRAWI, I.P. INI TIDAK BERDASARKAN EMPIRIS. MELAINKAN LANGSUNG BERDASARKAN PENGETAHUAN AKAL BUDI.

I.P. APOSTERIORI DAPAT DIBEDAKAN MENJADI DUA GOLONGAN YAITU ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN ILMU PENGETAHUAN KEMANUSIAAN.

1. ILMU PENGETAHUAN ALAM MEMPELAJARI GEJALA BIDANG LUAR MANUSIA SEPERTI FISIKA, KIMIA DAN ASTRONOMI.

2. ILMU PENGETAHUAN KEMANUSIAAN MEMPELAJARI SEGALA HAL YANG BERHUBUNGAN DENGAN MANUSIA. TERMASUK GEJALA-GEJALA YANG TERJADI PADA MANUSIA SEPERTI SOSIOLOGI, SEJARAH, HUKUM, BIOLOGI DAN BAHASA.

C. PENGGOLONGAN ILMU PENGETAHUAN

ILMU PENGETAHUAN BILA DILIHAT DARI OBJEKNYA DAPAT DIGOLONGKAN KEDALAM TIGA GOLONGAN YAITU :

1). ILMU PENGETAHUAN ALAM (NATURAL SCIENCE) MELIPUTI ILMU BIOLOGI, ILMU PASTI, ILMU ALAM, ILMU TEKNIK, ILMU GEOLOGI, ILMU KIMIA DAN ILMU KEDOKTERAN.

2). I.P. SOCIAL (SOCIAL SCIENCE) MELIPUTI ILMU EKONOMI, ILMU POLITIK, ILMU KOMUNIKASI, DAN ILMU SOSIOLOGI.


3). I.P. BUDAYA (HUMANIORA) MELIPUTI ILLMU FILSAFAT, ILMU ANTROPOLOGI, ILMU SEJARAH, ILMU HUKUM, ILMU SASTRA, ILMU PSIKOLOGI, DAN ILMU ARKEOLOGI.

PEMBAGIAN I.P. TERSEBUT DIATAS MENDASARI PEMIKIRAN PENGEMBANGAN IBD, ISD DAN IAD SEBAGAI MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN.

YANG MEMBEDAKAN ILMU SOSIAL DENGAN ILMU ALAM ADALAH KENYATAAN BAHWA PENGAMATAN LANGSUNG GEJALA SOSIAL LEBIH SULIT BILA DIBANDINGKAN DENGAN GEJALA ALAM.

ILMU SOSIAL TIDAK MUNGKIN DAPAT MELIHAT, MENDENGAR DAN MERABA ATAU MENCIUM GEJALA YANG TERJADI PADA LAMPAU.

D. RUANG LINGKUP PERBEDAAN WILAYAH KAJIAN ANTARA IBD, ISD, DAN IAD.

1. ILMU BUDAYA DASAR

ILMU BUDAYA DASAR DIAJARKAN DALAM RANGKA PEMBERIAN BEKAL KEPADA MAHASISWA UNTUK MEMPEROLEH PEMAHAMAN TERHADAP PENGETAHUAN DASAR DAN PENGERTIAN UMUM TENTANG KONSEP-KONSEP YANG DIKEMBANGKAN UNTUK MENGKAJI MASALAH-MASALAH BUDAYA.

DENGAN MEMPELAJARI IBD, MAHASISWA DIHARAPKAN MENJADI BERBUDAYA, BERADAB DAN BERMORAL, SERTA BERBUDI LUHUR DENGAN SELALU MENJUNJUNG TINGGI NILAI-NILAI KEMANUSIAAN.

KARENA ITU TITIK TOLAK KAJIAN IBD ADALAH MANUSIA SEBAGAI MAHLUK BUDAYA YANG RASIONAL DAN MENGHASILKAN KARYA-KARYA BUDAYA YANG BERGUNA BAGI KESEJAHTERAAN MANUSIA.


OBJEK BAHASAN IBD DIKEMBANGKAN DALAM DELAPAN POKOK BAHASAN YANG MELIPUTI :

1) MANUSIA DAN CINTA KASIH

2) MANUSIA DAN KEINDAHAN

3) MANUSIA DAN PENDERITAAN

4) MANUSIA DAN KEADILAN

5) MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

6) MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB SERTA PENGABDIAN

7) MANUSIA DAN KEGELISAHAN

8) MANUSIA DAN HARAPAN

2. ILMU SOSIAL DASAR

ISD ADALAH PENGETAHUAN YANG MENELAAH MASALAH-MASALAH SOSIAL, KHUSUSNYA MASALAH-MASALAH YANG DIHADAPI OLEH MASYARAKAT DENGAN MENGGUNAKAN FAKTA, KONSEP DAN TEORI YANG BERASAL DARI BERBAGAI BIDANG KAJIAN ILMU-ILMU SOSIAL.

YANG MENJADI SASARAN DALAM PENYELENGGARAAN PERKULIAHAN ISD ADALAH :

1. ASPEK-ASPEK YANG MERUPAKAN MASALAH SOSIAL YANG DAPAT DITANGGAPI DENGAN PENDEKATAN SECARA BERSAMA-BERSAMA DIBIDANG ILMU SOSIAL

2. DALAM KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT SELALU DIHADAPKAN PADA MASALAH ETNIS, GOLONGAN, AGAMA, MAYORITAS DAN MINORITAS SERTA KESENJANGAN SOSIAL YANG PERLU MENDAPATKAN PENANGANAN YANG TERINTEGRATIF DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ILMU-ILMU SOSIAL.

BERDASARKAN SASARAN TERSEBUT MAKA YANG MENJADI KAJIAN UTAMA DALAM ISD ADALAH :

1). KEPENDUDUKAN

2). PELAPISAN SOSIAL ATAU INTEGRASI SOSIAL.

3). MASYARAKAT PEDESAAN DAN PERKOTAAN.

4). PELAPISAN SOSIAL.

5). PEMUDA DAN MASYARAKAT

6). PRASANGKA DAN DISKRIMANASI

7). PERKEMBANGAN SOSIAL

3. ILMU ALAMIAH DASAR

IAD DITUJUKAN UNTUK MEMBANTU MAHASISWA AGAR MEMILIKI PANDANGAN YANG LEBIH LUAS DALAM BIDANG I.P. ALAM DENGAN PENALARAN YANG LEBIH KOPERHENSIF.

YANG TERMASUK IAD ADALAH MELIPUTI.

1). ILMU BIOLOGI

2). ILMU PASTI

3). ILMU TEKNIK

4). ILMU ALAM

5). ILMU GEOLOGI

6). ILMU KIMIA

7). ILMU FISIKA

8). ILMU KEDOKTERAN

OBJEK ILMU ALAM UMUMNYA BENDA, YAITU MELIPUTI :

1). TERBENTUKNYA ALAM SEMESTA

2). TEORI TERBENTUKNYA TATA SURYA.

3). SUSUNAN TATA SURYA DENGAN MENUNJUKKAN GAMBARAN YANG TEPAT.

4). SIFAT-SIFAT KHUSUS MASING-MASING PLASNET, LAPISAN-LAPISAN BUMI YANG MENGGANTI LITHOSFER, HIDROSFER, ATMOSFER DAN BIOSFER.

No comments:

Post a Comment

Scientists Only »
PENTING!!! Terima kasih atas kunjungannya, saya mengharapkan kritik dan sarannya melalui kotak komentar apabila game, program, dan segala software yang lain dan telah di upload di blog ini mengalami kerusakan atau file corupt, serta kekurangannya. jika ada yang akan direquest untuk info update harap berkomentar!!
http://einsteinfisika.blogspot.com/